Kawan PELANGI

Memanusiakan Manusia Indonesia

KOMITMEN SENTANI (Penanggulangan HIV/AIDS)

2 Komentar

Kesepakatan Percepatan KPAN dan KPAD 14 Propinsi

KOMITMEN SENTANI UNTUK PENANGGULANGAN HIV/AIDS
BANDUNG, 27 JULI 2005


Kami Ketua KPA Nasional, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Departemen, KPA Propinsi dari 14 Propinsi yang terkait dalam Penanggulangan HIV/AIDS dan Narkotika, disaksikan oleh peserta Rakornas Penanggulangan HIV/AIDS di Bandung Jawa Barat pada tanggal 27 Juli 2005, setelah 4 kali melakukan evaluasi triwulan di Riau, Bali, Jakarta dan Bandung menyadari betapa semakin berbahayanya ancaman epidemi HIV/AIDS di Indonesia yang di perparah dengan semakin pesatnya penularan virus HIV di kalangan generasi muda penyalah guna narkoba.

Sementara hasil respons yang dilakukan selama 1,5 tahun untuk upaya-upaya sebagaimana disepakati dan dituangkan dalam Deklarasi Komitmen Sentani 19 Januari 2004 masih belum memadai dan tidak dapat mengimbangi laju epidemi ganda HIV/AIDS dan Narkoba.

Memahami hal-hal tersebut dan mengacu kepada arahan Menko Kesra, laporan-laporan sektor dan KPA Propinsi, kami bersepakat untuk melakukan percepatan kerja Penanggulangan epidemi HIV/AIDS yang selanjutnya disebut “Kesepakatan Percepatan kerja KPAN dan KPAD 14 Propinsi Komitmen Sentani untuk Penanggulangan HIV/AIDS” yang dituangkan dalam butir-butir kesepakatan sebagai berikut :

  1. Menguatkan kembali hasil kesepakatan Rakorev ketiga Komitmen Sentani tgl. 14 Februari 2005 di Jakarta.
  2. Mempercepat upaya untuk kurun waktu 6 bulan (Juli – Desember 2005):

Percepatan Kerja :

  1. Membentuk, merevitalisasi, peran dan fungsi KPA Nasional, Propinsi, Kabupaten/Kota dan Satuan Tugas di tingkat Desa prioritas berupa :
    1. Keputusan Presiden : KPA Nasional
    2. Keputusan Gubernur : KPA Propinsi
    3. Keputusan Bupati / Walikota : KPAD Kabupaten / Kota
    4. Keputusan Kepala Desa
    5. Berikut rencana kerjanya minimal tahun 2006.
  2. Menerbitkan Perda di seluruh Propinsi, Kabupaten/Kota (di 50% Kabupaten / Kota) dan Peraturan Desa (di 10% desa) dalam Penanggulangan Penyakit Menular termasuk HIV/AIDS sesuai dengan surat Keputusan Mendagri No. 443/3133/SJ tertanggal 6 Desember 2004, No. 443/1334/SJ tanggal 9 Juni 2005 dan No. 443/1833/SJ tanggal 25 Juli 2005 dengan penekanan pada pelaksanaan kegiatan Komitmen Sentani.
  3. Meningkatan peran dan dukungan DPR dan DPRD dalam pelaksanaan penanggulangan HIV/AIDS sesuai dengan Komitmen Sentani
  4. Mempercepat pencapaian “Komitmen Sentani”:
    1. Target 50% penggunaan kondom 100% pada survei prilaku pada kelompok-kelompok berprilaku RISTI yang diukur melalui survei IMS, BSS atau model inovasi pengukuran penggunaan kondom di tempat hiburan atau lokalisasi.
    2. Pengurangan Dampak Buruk Penyalahgunaan Napza Suntik dapat dilaksanakan secara komprehensif termasuk subsitusi oral dan program jarum dan alat suntik steril dibawah pengawasan KPAN, BNN, KPAP, KPAK, BNP,BNK dan sektor terkait.
    3. Menyiapkan 75 RS Rujukan termasuk di setiap propinsi Komitmen Sentani dan didukung dengan tersedianya 150 unit pelayanan VCT dengan melibatkan Puskesmas agar setiap ODHA yang memenuhi criteria ART mendapatkan ART pada tahun 2005.
    4. Memanfaatkan 12 RS Pusat Rehabilitasi untuk pelaksanaan Harm Reduction dengan ketersediaan sarana, dan tenaga pendukung yang diperlukan pada tahun 2005.
    5. Meningkatkan KIE, Sosialisasi / Kampanye intensif melalui berbagai media, metoda dan model oleh para tokoh publik, birokrat, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM.
    6. Mempercepat ketersediaan pelayanan IMS dan upaya pengobatan IMS lain yang diperlukan di unit pelayanan kesehatan Puskesmas, dan RS.
  5. Melanjutkan sosialisasi Komitmen Sentani di tingkat provinsi, kabupaten / kota, di kalangan ODHA, LSM, tokoh masyarakat umum pada Peringatan Hari AIDS Sedunia 2005.
  6. Melanjutkan, memantapkan, meningkatkan berbagai kegiatan komitmen Sentani yang sudah berjalan untuk mencapai indikator-indikator yang telah ditetapkan.
  7. Meningkatkan pelaksanaan penanggulangan HIV/AIDS secara terpadu dan komprehensif termasuk penanggulangan narkoba dan TBC di 13 Lapas khusus Narkotik.
  8. KPA Nasional dan KPAD mengkoordinir setiap sumber pembiayaan Penanggulangan HIV/AIDS baik dari sumber bantuan luar negeri maupun APBN, APBD dan sumber lainnya serta mengarahkan pembiayaan tersebut agar efektif dan efisien.
  9. KPA Kabupaten / Kota melaporkan kemajuan upaya penanggulangan HIV/AIDS kepada KPA Provinsi selambat-lambatnya tanggal 5 setiap bulan. Setiap 3 bulan KPA provinsi mengirimkan rekapitulasi laporan KPA Kabupaten / Kota kepada KPA Nasional.
  10. Menerima Hasil Pertemuan Teknis Rakorev ke IV sebagai dokumen yang tidak terpisahkan dari Kesepakatan ini
  11. Rapat Koordinasi berikutnya akan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur pada bulan Februari 2006.

Pertemuan kali ini juga memperhatikan dan mengakomodasikan hasil dan saran-saran pertemuan teknis tanggal 26 Juli 2005.

Ditetapkan dan disepakati di Bandung pada Rapat Koordinasi Evaluasi Tindak lanjut Komitmen Sentani ke-IV, tanggal 27 Juli 2005

Sumber: Situs Resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat

Iklan

Penulis: Kawan PELANGI "Memanusiakan Manusia Indonesia"

Kawan PELANGI adalah metamorfosa dari Drug Free Community yang dideklarasikan tanggal 5 Oktober 2007 Memiliki Visi Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

2 thoughts on “KOMITMEN SENTANI (Penanggulangan HIV/AIDS)

  1. Mengapa harus terapi methadon atau kasih jarum suntik untu pecandu putaw… bila total berhenti jauh lebih baik…
    Dengan berhenti total secara langsung menghentikan mereka terhadap resiko penularan HIV…

    Suka

  2. mantap infonya, thanks bro. ini yg aku cari-cari

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s