Kawan PELANGI

Memanusiakan Manusia Indonesia

Peringatan HANI 2012

Tinggalkan komentar

Tim Baksos Pelayanan Kesehatan DFC dan YBSI

Tim Baksos Pelayanan Kesehatan DFC dan YBSI

 

Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) setiap tanggal 26 Juni, Drug Free Community (DFC) bekerjasama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) menyelenggarakan kegiatan Bakti Kesehatan dan Sosialisasi Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL). Bakti Kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis dilaksanakan pada Hari Minggu, tanggal 1 Juli 2012, di wilayah RT 01, 02, dan 05 – RW 02, Jalan Kupang Segunting, Kelurahan Dr. Soetomo, Kecamatan Tegalsari. Bakti Kesehatan sebagai program rutin YBSI dalam event peringatan HANI ini lebih ditekankan untuk sosialisasi bagaimana seharusnya mengkonsumsi obat dengan benar, tidak disalahgunakan. Pada dasarnya obat adalah untuk membantu mengurangi dan mengobati gejala-gejala sakit, tetapi juga berefek ganda dapat menyebabkan ketergantungan.

Lokasi bakti kesehatan ini adalah perkampungan yang dulunya dikenal sebagai salah satu sarangnya penyalahgunaan narkoba, seperti disampaikan salah satu tokoh pemudanya Priyo Prasojo, yang juga dulu adalah mantan pecandu sekaligus pengedar. Dulu banyak pemuda kampung yang terlibat penyalahgunaan bahkan sebagian juga terlibat peredaran gelap narkoba, dengan pendekatan spiritual dan aktifitas di Karang Taruna secara perlahan banyak yang sudah terlepas dari ketergantungan. Keberhasilan mengentaskan para pemuda dari ketergantungan narkoba secara mandiri menjadi pertimbangan bagi YBSI dan DFC untuk melakukan penjajagan kerjasama berkelanjutan saling belajar dan berbagi pengalaman dalam rangka mendukung program pemerintah P4GN, Program Penanggulangan penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Acara peringatan HANI untuk tahun 2012 ini juga diselenggarakan acara Nonton Bareng (Nobar) Final Piala Eropa, bertempat di Sekretariat Jalan Raya Darmo 8A Surabaya. Pada acara nobar ini dibagikan juga pembatas buku yang berisi daftar Institusi Penerima Wajib Lapor bagi pecandu, diharapkan masyarakat dapat melaporkan anggota keluarganya yang menjadi pecandu untuk bisa segera dibantu mendapatkan rehabilitasi. Disampaikan oleh Mila M. Djamhari selaku Leader DFC bahwa masih perlu banyak sosialisasi ke masyarakat perihal akses untuk mendapatkan rehabilitasi, yang paling utama adalah menyadarkan kepada pecandu dan keluarga bahwa Sehat itu adalah Hak dan Kewajiban pecandu.

Virly Mavitasari dari YBSI menjelaskan bahwa YBSI sebagai lembaga yang konsen di bidang kesehatan sangat peduli dan mendukung setiap kegiatan yang terkait masalah penanggulangan bahaya narkoba, terutama yang terkait dengan masalah masa depan generasi bangsa. Acara Peringatan HANI adalah kerjasama rutin tahunan dengan DFC dan didukung MPM Motor sudah terselenggara sejak tahun 2004. Tahun ini mengambil tema Selamatkan Anak Bangsa dari Bahaya Penyalahgunaan Narkotika.

Pemeriksaan tekanan darah dari para relawan Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya

Pemeriksaan tekanan darah dari para relawan Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya

Masyarakat yang sabar menunggu pelayanan kesehatan

Masyarakat yang sabar menunggu pelayanan kesehatan

 

Sosialisasi IPWL versi Nobar

Sosialisasi IPWL versi Nobar

 

Nobar Piala Eropa di Sekretariat Bersama Drug Free Community - Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku - AfterCare Mahameru

Nobar Piala Eropa di Sekretariat Bersama Drug Free Community – Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku – AfterCare Mahameru

 

Pembatas buku media sosialisasi IPWL dan VCT di Suabaya

Pembatas buku media sosialisasi IPWL dan VCT di Suabaya

 

 

 

 

Penulis: Kawan PELANGI "Memanusiakan Manusia Indonesia"

Kawan PELANGI adalah metamorfosa dari Drug Free Community yang dideklarasikan tanggal 5 Oktober 2007 Memiliki Visi Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s